Selasa, 23 Juli 2024
BerandaGerbangDesaBuntut BLT DD Ngamplang Tahun 2020 Belum Direalisasikan Akhirnya APH Panggil Para...

Buntut BLT DD Ngamplang Tahun 2020 Belum Direalisasikan Akhirnya APH Panggil Para Pihak, Camat Cilawu Dibuat Pusing

Dejurnal.com, Garut – Polemik Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Bulan Oktober – Desember Tahun 2020 yang belum direalisasikan kepada ratusan warga masyarakat Desa Ngamplang Kecamatan Cilawu, akhirnya berujung pada pemanggilan para pihak terkait oleh Aparat Penegak Hukum (APH) Polres Garut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekertaris Desa Ngamplang yang dihubungi melalui aplikasi perpesanan whatsapp.

“Ya benar telah ada pemanggilan dari pihak APH Polres Garut, ada pun yang hadir Ketua BPD, Sekretaris Desa, Bendahara dan Beberapa KPM, tepatnya kemarin Kamis tanggal 12 Agustus 2021,” Jelasnya kepada dejurnal.com, Jumat (13/8/2021).

Sekretaris Desa Ngamplang menjelaskan, terkait BLT DD tahun anggran 2020, sejak ada pemberitaan pihak APH Tipikor sudah turun dan akhirnya ada pemanggilan

“Tadinya saya percaya dan merasa lega karena kepala desa sudah kembalikan uang tersebut ke rekening desa senilai Rp 360 juta, sebagaimana tanda bukti setor ke BJB Cilawu,” ungkapnya.

bagaimana tidak yakin, lanjut Sekdes Ngamplang, ketika bendahara ditanya langsung sama dirinya, benar ada setoran masuk ke rekening.

“Namun karena waktu itu Pa Kades terkesan mengulur-ulur waktu, saya jadi curiga apalagi setelah di cek lagi oleh bendahara, itu tidak benar, dan akhirnya saya mengecek langsung ke bank benar ada setoran ke rekening desa, sebesar Rp 360 ribu bukan Rp 360 juta, apa yang diperlihatkan bukti setor tunai,” Ungkapnya.

Menurut Sekdes, uang yang dipakai realisasi pada bulan Mei 2021 senilai Rp 120 Juta, itu dari DD Tahap Satu 2021, dan itu diakui oleh Kepala Desa setelah didesak, dan ini yang menjadi pusing, masyarakat tahu itu dari uang bukti setor tunai 360 juta.

“Itu membuat saya dan Bu Camat cemas dan khawatir, apalagi sampai sekarang sisa Rp 240 juta belum teralisasikan. Yah nurani saya sedih, tidak menyangka Pa Kades sebegitunya, yang pasti Rp 460 Juta (Rp 360 juta BLT DD 2020 ditambah lagi DD Tahap Satu Rp 120 Juta terpakai, entahlah siapa dalang di belakang atau yang memainkan peran penting, yang pasti kami sudah dipintai keterangan APH dan saya berharap Pa Kades sehat dan segera bisa menyelesaikan permasalahan ini,” paparnya.

Sementara it, Camat Cilawu Mekarwati benar-benar dibuat pusing dan cemas atas apa yang terjadi terkait BLT DD tahun anggaran 2020 yang belum direalisikan dan entah oleh siapa uangnya.

“Pusing soalnya Kepala Desa tidak mau buka uang kemana dan siapa saja yang berperan, ah panjang pusing jadinya soal, tahu sendiri Kades hanya menjawab ini mah musibah, insyallah beres, sampai sekarang mana. Yah semua sudah di Panggil APH,” Pungkasnya.**Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI