Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeEdukasiJasa Tirta II Raih Silver Rank Sustainability Report

Jasa Tirta II Raih Silver Rank Sustainability Report

Dejurnal.com, Jakarta – Jasa Tirta II berhasil meraih capaian membanggakan dengan memperoleh penghargaan kategori “Silver Rank” untuk Sustainability Report pada acara The 17th Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021. Penghargaan tersebut diterima oleh Manajer Humas  Iskandar J. Harahap selaku perwakilan Jasa Tirta II di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Jasa Tirta II dinilai telah menerapkan prinsip-prinsip Governance di segala proses bisnis dan berbagai program kegiatan sesuai SDGs (Sustainable Development Goals) melalui penerapan tanggung jawab sosial dan serangkaian kebijakan yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dukungan terhadap SDGs diimplementasikan dengan menautkan berbagai program kegiatan di Jasa Tirta II dengan panduan SDG Compass yang diterbitkan oleh GRI, United National Global Compact, dan World Business Council for Sustainanable Development (WBCSD) .

Sekretaris Perusahaan Jasa Tirta II Nandang Munandar mengatakan, penilaiannya berdasarkan ikhtisar kinerja ekonomi, sosial,  dan lingkungan berkelanjutan Jasa Tirta II di tahun 2020 yang telah dilaksanakan diantaranya kontribusi aktif kepada negara dalam memenuhi kewajiban perpajakan dan deviden, mampu mempertahan kan Rasio Z—score diatas standar minimum perusahaanyang mampu berkelanjutan di tengah pandemi Covid-19.

“Guna menjaga ketahanan pangan dan energi, untuk pekerjaan kritikal seperti pemberian air untuk irigasi, air baku dan pembangkitan PLTA kita tetap melaksanakan secara full operation. Tentu dengan tetap memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan karyawan,” ucap Nandang Munandar

Kemudian peningkatan aset perusahaan dibandingkan tahun sebelumnya, turut aktif dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) , komitmen menangani keluhan pelanggan , turut aktif dalam penanganan Covid-19, jumlah karyawan, mitra binaan yang meningkat, zero accident, zero insiden pelanggaran HAM, aktif dalam penanaman pohon, komitmen efesiensi air, komitmen mengurangi efek rumah kaca, komitmen efesiensi kertas.

“Pencapaian tersebut berhasil diperoleh Jasa Tirta II karena Sustainability Report Jasa Tirta II mengidentifikasi dan memprioritaskan dampaknya terhadap ekonomi, lingkungan, dan manusia,” ucap Nandang Munandar.

Hal tersebut menunjukkan komitmen Jasa Tirta II yang memberikan kontribusi positif  terhadap pembangunan berkelanjutan, serta untuk membandingkan kinerja dari waktu ke waktu sehingga visi untuk menjadi perusahaan pengelola dan pengusahaan Sumber Daya Air terkemuka di Asia Tenggara tahun 2030 serta misi Jasa Tirta II dapat terwujud.

Sebagai informasi, Laporan Berkelanjutan merupakan satu jenis laporan yang berbasis prinsip (principle based report) yang digunakan untuk mengungkapkan kinerja berkelanjutan Perusahaan dalam rangka pembangunan berkelanjutan.

Laporan tersebut mengungkapkan kinerja berkelanjutan Perusahaan di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan dan menjadi bagian tidak terpisahkan  dari Laporan Tahunan Jasa Tirta II Tahun 2020.  Laporan Keberlanjutan sesuai dengan GRI (Global Reporting Initiative)  yang  merupakan organisasi internasional independen yang membantu bisnis dan organisasi bertanggung jawab dan mengkomunikasikan dampak melalui pelaporan keberlanjutan.***Budi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI