Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsKades Sukaluyu Optimis Bumdes Se Kecamatan Teluk Jambe Timur Bakal Perkuat Ekonomi...

Kades Sukaluyu Optimis Bumdes Se Kecamatan Teluk Jambe Timur Bakal Perkuat Ekonomi Kreatif dan UMKM

Dejurnal.com, Karawang – Kades Sukakuyu Hj Lina Herlina optimis lembaga Badan Usaha Milik Desa dapat membangkitkan ekonomi kretaif masyarakat desa, sehingga harus didukung bersama baik dalam usaha di kawasan industri maupun di bidang UMKM.

“Kita sepakat dengan 9 Bumdes yang ada di wilayah Kecamatan Teluk Jambe Timur,” jelasnya pada acara Silaturahmi Bumdes sekecamatan Teluk jambe Timur di ruang rapat Bumdes desa Sukaluyu, Kamis (11/11/2021).

Menurut Hj. Lina Herlina, sinergitas atar Bumdes se-kecamatan Teluk Jambe Timur sangat dibutuhkan guna mensejahterakan masyarakat, pertemuan para Ketua Bumdes yang terdiri dari 9 desa.

“Kami sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan pertemuan bumdes hari ini, mudah mudahan dapat menebar manfaat bagi seluruh warga Kecamatan Teluk Jambe Timur dapat saling bahu membahu bersama menciptakan gerakan positif untuk kemajuan ekonomi desanya khususnya pada bidang UMKM.” Ungkapnya

Sementara itu Direktur Bumdes Jaya Perkasa Desa Sukaluyu H Eka Sonjaya menjelaskan, pihaknya menyambut baik gagasan dan masukan sebagai aspirasi bersama yang menjadi tantangan bagi tumbuh kembangnya peran bumdes yang mandiri sehingga dapat berkontribusi nyata terhadap desa dan warga masyarakat lingkungannya.

Dalam pertemuan tersebut muncul gagasan untuk menghidupkan forum silaturahmi antar Bumdes yang diharapkan pertemuan rutinnya yang dapat dilaksanakan minimal sebulan sekali.

“Yah kita bergiliran saja tempat pertemuannya agar bisa saling memberikan masukan satu sama lain,” Jelasnya.

Ia juga menambahkan beberapa pengurus Bumdes yang memiliki wilayah zona industri diharapkan dapat saling bersinergi dengan bumdes lainnya terutama dalam hal pendistribusian produk UMKM yang sudah terbentuk disetiap wilayah desanya.

Semoga kegiatan silaturahmi ini yang sedianya berawal dari persiapan acara Bazar Mangga Indramayu yang diprakarsai oleh PBI (Persatuan Bumdes Indonesia-Jawa Barat) dapat menjadi pondasi kebersamaan para pengurus Bumdes se-kecamatan Telukjambe Timur untuk bersama-sama menciptakan pembangunan yang bersinergi bersama pemerintahan desanya dalam menciptakan nilai positif dimata masyarakatnya.

“Serta hadirnya Bumdes sebagai bagian lembaga organisasi desa benar-benar menciptakan poros ekonomi desa didalam mata rantai kegiatan ekonomi masyarakat desa..” pungkas Eka.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI