Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsGradasi Gelar Deklarasi Indonesia Menggambar Nasional "Bergerak"

Gradasi Gelar Deklarasi Indonesia Menggambar Nasional “Bergerak”

Dejurnal.com, Bandung – Deklarasi Bulan Menggambar Nasional di Jawa Barat digelar di Gallery Salaras, Komplek Gading Tutuka 1 Blok B 2 Nomor 34 Soreang, Kebupaten Bandung, Sabtu (14/5/2022).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, yang juga Ketua Kominutas Seniman Perupa Gradasi, R. Cahyadi, kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Pameran Indonesia Menggambar Bersama Komunitas Gradasi (Bergerak)” yang dilaksanakan 14 sampai 24 Mei 2022.

R. Cahyadi mengatakan, sebelum acara digelar pihaknya telah melakukan komuniksi dengan beberapa komunitas perupa dan juga pemerintah, sampai akhirnya Gradasi dipercaya untuk menggelar acara ini.

R. Cahyadi menambahkan, sebenarnya awal dari acara Deklarasi Pameran Indonesia Menggambar i ini sudah dibahas sejak 2019, namun karena pandemi Covid -19, baru terlaksana sekarang ini.

“Saat itu zoom meeting, diperkirakan yang akan bertisipasi seluruh Indonesia itu hanya 50 komunitas, ternyata membludak sampai ke plosok-plosok. Awalnya Gradasi berpartisipasi dalam acara ini, cuma seminggu kemarin itu, dari pihak FDI (Forum Drawing Indonesia), dan yang lainnya berkumpul di YPK, seharusnya Kota Bandung yang menyelenggarakan deklarasi ini untuk perwakilan Provinsi Jawa Barat, tetapi mereka belum siap. Akhirnya ketuk palu diputuskan di Gradasi, ” tutur Cahyadi di lokasi acara.

R. Cahyadi mengaku percaya diri untuk menjadi penyelenggara deklarasi tersebut. “Saya melihat anggota-anggota saya banyak dan solid. Skup Gradasi itu sekarang kan nasional, ” imbuhnya.

R. Cahyadi menyebutkan, anggota Gradasi dari seluruh Indonesai mencapai 300 orang, yang paling jauh Anilesa dari Manado. Se-Kabupaten Bandung saja ada 60 orang, hampir 60 persen memamerka karya drawing dan lukisnya pada acara tersebut.

Ada sekitar 100 karya drawing dan lukis dipamerkan pada acara tersebut. Di antaranya lukisan bunga karya Teti Aryani anggota Gradasi dari Subang, Pahlawan Toha dan Pejuang karya pelukis dan Komikus Sanwilantara, drawing-drawing karya Dodi Hamidi, dan beberapa karya R. Cahyadi, serta yang lainnya.

Teti Aryani, Sanwilantara, Dodi Hamidi mengaku senang bisa terlibat dalam deklarasi yang serempak diikuti secara zoom meeting oleh para komunitas perupa seluruh Indonesia tempat pada pukul 13:30 ini.

Iwan Ismail, koordinator Jawa Barat Forum Drawing Indonesia yang yang terlibat juga di acara tersebut mengaku senang. Menurutnya, acara di Gradasi ini sebagai prototip dari kegiatan deklarasi Indonesia Menggambar Nasional di Jawa Barat.

R. Cahyadi dan beberapa seniman perupa di Gradasi berharap, untuk ke depannya sinergitas dari pemerintah dengan para perupa dan seniman lainnya terjalin sehingga kegiatan-kegiatan kebudayaan busa maju. Sementara ini, anggaran untuk keberlangsungan acara ini dari pribadi dan beberapa partisipasi sponsor, ” tutup R Cahyadi.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI