Kamis, 2 Mei 2024
BerandadeEdukasiAkhiri KKN di SDN Pamoyanan Soreang, Mahasiswa IPB Gelar Lomba Puisi dan...

Akhiri KKN di SDN Pamoyanan Soreang, Mahasiswa IPB Gelar Lomba Puisi dan Mendongeng

Dejurnal.com, Bandung – Sepuluh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata di SDN Pamoyanan Soreang, Kabupaten Bandung dengan menggelar Final lomba puisi dan mendongeng bagi siswa – siswi SDN tersebut, Jum’at (22/7/2022).

Ke-10 maha siswa tersebut melakukan KKN di Desa Sukajadi, dan memilih SDN tersebut karena tertarik potensi literasi para siswa-siswinya.

Umi Zakia Elyas, Ketua kelompok KKN maha siswa tersebut mengaku, waktu berkunjung ke SDN Pamoyanan sedang ada acara kenaikan kelas.

“Saya melihat anak-anak sangat berpotensi. Dengan ke -9 teman-teman memilih sekolah ini untuk jadi tempat KKN. Selama 40 hari kami KKN di siani,” ungkap Umi di sela acara lomba.

Tuajuan KKN di SDN Pamoyanan, tambah Umi untuk lebih menumbuhkan minat baca para siswa yang sudah terlihat potensial itu. “Kami 10 orang KKN di sini dari jurusan yang berbeda-beda, ” katanya.

Umi menjelaskan, literasi di SDN Pamoyanan bertujuan untuk menumbuhkan minat baca terhadap siswa SD Pamoyanan yang juga jadi program Kepala Sekolah.

Selain itu juga tambah Umi, bertujuan mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak-anak. “Kita memilih puisi dan dongeng karena sebagai salah satu media pembelajaran bagi anak. Karena puisi dan dongeng itu bisa membuat si anak berkomunikasi dengan efektit,” terangnya.

Kepala SDN Pamoyanan Sumarni, S.Pd mengatakan, para siswa di SD Pamoyanan berjalan dengan baik karena sudah terbiasa.

“Alhamdulillah literasi para siswa di SDN Pamoyanan berjalan. Di sini ada 119 siswa ikut lomba puisi dan mendongeng. Yang masuk babak final hari ini 7 orang peserta lomba puisi dan lomba 7 orang lomba mendongeng, ” katanya.

Dari lomba Mendongeng
Juara 1: Rizkia Fitriani Andita
Juara 2 : Raysa Salsa Nurfadilah Putri
Juara 3 : Yunika Putri Nur Fadhilah

Harapan 1 : Wulan Nur Azizah
Harapan 2: Yayu Gustiani
Harapan 3 : Salsa Saeful Juwita
Favorit : Azira Sahira

Dari Lomba Puisi
Juara 1 : Vanesha Nailan Cantika
Juara 2 : Najmi Syakieb Alghifari
Juara 3 : Azka Aini Nurfadhilah

Harapan 1 : Nisa Zahratul Alya
Harapan 2 : Khaifa Aqila Kanaya
Harapan 3 : Nisa Lisnawati
Favorit : Arsyila Gendhis Ayunindia

Sumarni berharap, dari lomba ini anak-anak menjadi literat. “Salah satunya untuk menunjukan bahwa literasi di SD Pamoyanan itu berjalan dengan baik. Baik sikapnya dan kemampuan edukatifnya, ” ombuhnya.

Salah satu juri dari tiga juri lomba puisi dan mendongeng Hj. Hildawati menilai, SD Pamoyanan berada di pinggir kota, tetapi literasinya bagus sehingga wajar jika menjadi pilihan para mahasiswa KKN di sini.

Hi. Hildawati berpesan kepada peserta lomba, ajang ini bukan untuk mencari juara, tapi menanamkan karakter kebiasaan mencintai literasi. “Ada pun yang nanti jadi juara , saya mengucapkan selamat dan prestasinya dipertahankan supaya maju ke tingkat kecamatan, Kabupaten maupun provinsi, ” ujarnya.

Kepada yang tidak juara Hildawati berpesan agar tidak berkecil hati. “Terus membiasakan diri berlterasi karena nanti akan ada hasilnya, ” pungkasnya. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI