Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasi1.700 Orang Ikuti Jambore PTK PAUD 2023, Bunda PAUD Kampanyekan Anti Bullying

1.700 Orang Ikuti Jambore PTK PAUD 2023, Bunda PAUD Kampanyekan Anti Bullying

Dejurnal.com, Bandung – Sebanyak 1.700 orang mengikuti Jambore Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2023 yang dilaksabakan di Bumi Perkemahan Gunung Puntang selama dua hari, tanggal 7-8 Oktober 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Bunda PAUD Hj. Emma Dety. Selain itu, hadir juga Kepala Dinas Pendidika (Kadisdik) Kabupaten Bandung, H. Ruli Hadiana beserta jajaran; Sekretaris Disdik Hj.Euis Sumiati, Kabid PAUD Eman Sulaeman, jajaran Forkopimcam Cimaung, Bunda PAUD 31 Kecamatan, IGTKI PGRI dan Tim PKK.

Dalam kesempatan itu, Hj. Emma Dety menyampaikan program pendidikan di Kabupaten Bandung dan mengkampanyekan anti bullying.

Tahun 2022 , terang Hj. Emma perundungan terjadi pada 22 anak. 2023 meningkat sampai 48 anak. “Kekerasan ini tidak hanya berawal dari orangtuanya, tapi teman sebayanya juga dari awalnya menghina (Bullying). Karena dari ejekan itu tertanam rasa dendam. Saya harap tolong tanamkan anak didik kita tidak menjadi seorang pendendam. Saya titipkan kepada guru yang lebih digugu oleh siswa daripada orang tua . Orang tua harus memberi contoh yang baik pada anak-anak didik kitta,” katanya dalam sambutannya, Sabtu (7/10/2023).

Sedangkan sosialisasi program pendidikan Bupati Bandung, kata Emma Detty yakni meningkatkan RLS (Rata rata Lama Sekolah). “Dengan acara ini dihadapkan lebih meningkat lagi. Apalagi jumlah sekolah PAUD lebih banyak dari SD, gurunya juga paling banyak. Saat ini guru PAUD baru mendapatkan honor 5.180 orang. Saya sebagai Bunda PAUD selalu memberikan masukan pada Bupati Bandung untuk memperhatikan guru guru PAUD se -Kabupaten Bandung”, tutur Hj.Emma..

Hj.Emma mengaku, ia pun pernah mengalami menjadi guru PAUD sehingga merasakan apa harapan dari guru guru PAUD. “Semoga ke depan ada tambahan. Tapi masih banyak juga rekan kita yang belum merasakan.Jadi bersabar dahulu. Ini dalam rangka APK akan meningkatkan juga indeks pendapatan Kabupaten Bandung, Mudah- mudahan tahun sekarang meningkat sehingga dampaknya honor guru PAUD bisa meningkat” jelas Bunda PAUD.

Selain itu Hj. Emma juga menyosialisasikan rencana gebyar LCO (Lubang Cerdas Organik) atau biopori yang akan serentak dilaksanakan pada 13 Oktober 2023 untuk memecahkan Rekor Muri.

Mengakhiri sambutan, Hj.Emma Dety menyampailan pantun. “Ke Cileungsi ke Cikapundung lewat ke Cicadas, Ikut Pak Daud membeli tas. Mari jadikan Kabupaten Bandung Bedas. Bedas PAUD berkualitas bisa didukung anggarannya,” katanya.

Penanganan sampah di Kabupaten Bandung juga menjadi perhatian Bunda PAUD. Sehingga dalam kesempatan itupun disosialisasikan. “Edukasikan kepada anak didik kita supaya mereka tidak membawa sampah di sekola. Jadi bekalnya masuk ke misting sehingga nol sampah dan minumnya pakai botol Tumbler, edukasi pada orangtua. Sehingga disekolah tidak ada lagi sampah, ” ujarnya.

Kadisdik Kabupaten Bandung
H. Ruli Hadiana sangat mendukung program yang telah dipaparkan oleh Bunda PAUD. Ia menyatakan akan terus menyukseskan mprogram Bupati Bandung.

Ruli mengaku, ia telah mempunyai strategi dalam mengkampanyekan anti Bullying di satuan pendidikan se-Kabupaten Bandung.

“Jambore PAUD ini ada beberapa kegiatan. Pertama pemilihan Lembaga PAUD dan Kepala Sekolahnya Berprestasi. Kedua, kaitannya dengan Porseni PTK PAUD. Ketiga, sebagai rangkaian ada jambore PTK PAUD sebagai puncak kegiatannya. Kedepannya akan ada Gebyar PAUD-nya mengundang keseluruhan termasuk dari rengrengan lembaga PAUD dari Kemenag.” ungkap Kadisdik

Disdik kabupaten Bandung dalam kampanye anti Bullying, akan melakukan pengkondisian beberapa elemen. “Akan kita undang untuk rapat koordinasi dari berbagai jenjang dari PAUD, SD, SMP dan SMA. Bullying terjadi di mana-mana dilevel PAUD tidak ada, tapi di SD sudah terlihat, begitupun SMP dan SMA. Kita akan lakukan koordinasi Bullying ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah tetapi semua, termasuk masyarakat. Kita akan lakukan rapat koordinasi.” jelas H. Ruli Hadiana.

Terkait Gebyar LCO, Kadisdik mengajak seluruh element satuan pendidikan untuk terlibat. “Setiap satuan pendidikan akan melaksanakan serentak LCO. Siswa akan membuat lubang biopori dengan dokumentasi foto, Kita akan datang langsung ke rumah atau sekolahnya. Dengan kita monitoring mudah-mudahan bisa sukses. Seoerti halnya gerakan Gebyar Sapras kita akan posting dan semua akan melihat aksi baik tersebut oleh masyarakat.” pungkas H.Ruli Hadiana.

Peserta Jambore PTK PAUD 2023 disambut antusias oleh PTK dari 31 kecamatan dengan tampilan defile seni setiap kontingen. ” Insyaallah Bupati Bandung Pak Dadang Supriatna akan hadir nanti pada malam, “kata Kabid Paud Disdik Kabupaten Bandung Eman Sulaeman, M.Pd.

Menurut Eman, acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan penampilan defile setiap kecamatan, pengumuman kejuaraan perlombaaan dan apresiasi kepada OTK PAUD berprestasi.

” Semoga dengan kegiatan ini juga lebih mempererat tali silaturahmi dan memperkuat sukseskan program pendidikan Bupati Bandung Pak Dadang Supriatna menuju kabupaten Bandung Bedas, ” pungkas Eman. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI