Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiSDN Cingcin 01 Soreang Sekolah Adiwiyata 2022 : Para Pedagang Sekitar Sekolah...

SDN Cingcin 01 Soreang Sekolah Adiwiyata 2022 : Para Pedagang Sekitar Sekolah Komitmen Jaga Kebersihan

Dejurnal.com, Bandung – 20 orang pedagang yang biasa mangkal di SDN Cingcin 01 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung berkomitmen untuk turut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan mereka bergiliran, punya jadawal memungut sampah dari sekolah setelah jam istirahat para siswa dan bubaran sekolah jam 3 sore. Kemudian sampah tersebut dibuang ke tempat penampungan sampa sementara, dan diangkut oleh petugas kebersihan.

Ny. Rini, Fitri, dan Ny Ai tiga dari 20 pedagang di SDN Cingcin 01 yang sudah belasan tahun, bahkan di antaranya ada yang sidah 20 tahun mangkal di sana. Mereka berterima kasih kepada Kepala SDN Cingcin 01 yang telah mengizinkan jualan di sana dan mengingatkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Mereka juga paham kalau sampah di sekolah itu kebanyakan dari pedagang.

Kepala SDN Cingcin 01 Hj. Nuryati Suryani, M.Pd mengapresiasi para pedagang yang bisa diajak kolaborasi dalam menjaga kebersihan sekolah. “Kebersihan lingkungan sekolah, salah satunya dari ada kolaborasi dengan para pedagang. Saya tidak bisa melarang para pedagang berjualan di lingkungan sekolah. Karena mereka mencari nafkah untuk membantu suaminya, atau menafkahi istri dan anaknya,. Tapi, tidak lupa menjaga kebersihan. Kerena sampah di sekolah kebanyakan dihasilkan para pedahang, ” kata Hj. Nuryati di kantornya, Senin (2/10/2023).

Hj. Nuryati mengaku, kebersihan sekolahnya harus terua terjaga. Apa lagi SDN Cingcin 01 mendapat Piiagam Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Bandung tahun 2022 dari Bupati Bandug Dr. H. M. Dadang Supriatna pada Evaluasi Penilaian Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupatem Bandung ,16 Agustus 2022.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI