Selasa, 23 April 2024
BerandadeEdukasiBazar Ikan Ramadhan Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Bagian dari Edukasi Mengolah...

Bazar Ikan Ramadhan Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Bagian dari Edukasi Mengolah Ikan Yang Baik

Dejurnal.com, Bandung – Analis Pasar Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Nurul Wulandari, ST., MT. mengatakan hampir semua jenis ikan laut proteinnya bagus, hanya yang jadi masalah bagaimana cara mengolahnya.

Menurut Nurul, kalau untuk mengejar protein dengan cara diolah apapun; digoreng, maupun dibakar proteinnya masih bisa didapat, tapi kalau untuk mendapatkan omega 3- nya digoreng rusak, jadi hanya dapat proteinnya.

“Padahal salah satu manfaat tertinggi dari ikan itu omega 3. Jadi perlu ada edukasi ke masyarakat, bahwa yang bagus itu dikukus atau dipepes. Pepes itu salah satu budaya yang melekat dari jaman dulu. Tapi karena sedikit repot prosesnya, harus dengan daun yang mungkin agak susah nyarinya. yang akhirnya orang itu bergeser cara mengolah ikan. Padahal dipepes itu salah satu yang terbaik untuk pengolahan,” kata Nurul Wulandari, saat dihubungi di kantornya Jalan Wastukencana Bandung, Jum’at (23/3/2024).

Salah satu edukasi yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat ialah dengan menggelar Bazar ikan di beberapa daerah. Sedangkan untuk di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, dilaksanakan Bazar ikan sebulan sekali tiap Jum’at pekan pertama di halaman kantor .

Namun, khusus di Bulan Ramadhan, Bazar ikan dilakukan tiap hari Jum’at, mulai pukul 07.00 hingga pukul 14.00. Dalam Bazar Ikan ini sebanyak 24 stand ikan, baik mentah maupun olahan dari beberapa daerah diikutsertakan. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI