Selasa, 23 April 2024
BerandadeNewsOperasi Pasar Subsidi untuk Menjaga Stabilitas Harga Selama Ramadan dan Idul Fitri...

Operasi Pasar Subsidi untuk Menjaga Stabilitas Harga Selama Ramadan dan Idul Fitri di Jawa Barat

Kepala bidang perdagangan sedang memberikan paket OPADIUntuk menjaga stabilitas inflasi, pasokan, dan harga pangan selama bulan suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1445H, Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Ciamis telah melaksanakan Operasi Pasar Subsidi (OPADI) di halaman kantor kecamatan Cihaurbeuti pada tanggal 2 April 2024.

Kabid Perdagangan DKUKMP Kabupaten Ciamis, Asep Sulaeman, mengungkapkan bahwa OPADI berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 April 2024 di Kabupaten Ciamis. Hari pertama di Kecamatan Cihaurbeuti telah disediakan 1000 paket komoditas dengan harga tebus per paket Rp 101.000, disubsidi sebesar Rp 45.000.

Lebih lanjut, sebanyak 6.715 paket telah disediakan untuk Kabupaten Ciamis dan akan didistribusikan di empat kecamatan: Cihaurbeuti, Ciamis, Banjarsari, dan Rancah.

Komoditas yang tersedia dalam OPADI ini meliputi paket beras premium kemasan 5 kilogram, gula premium kemasan 2 kilogram, dan minyak goreng premium kemasan 2 liter. Harga normal paket tersebut adalah Rp146.700, namun setelah disubsidi, masyarakat dapat membelinya dengan harga Rp101.000 atau mendapatkan subsidi sebesar Rp45.700.

Penting untuk dicatat bahwa OPADI tidak hanya ditujukan untuk masyarakat miskin, tetapi juga untuk masyarakat umum. Syaratnya adalah menunjukkan KTP untuk pencatatan dan pembatasan satu NIK untuk satu paket.

Operasi Pasar Subsidi ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga menjelang Idul Fitri. Asep Sulaeman menyatakan harapannya agar OPADI ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, sehingga mereka dapat memperoleh komoditas dengan harga lebih terjangkau daripada harga pasaran.

Penulis: Jepri Tio

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI