Rabu, 19 Juni 2024
BerandadeNewsAbpednas Kecamatan Ciparay Gelar Silaturahmi dan Rakor Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

Abpednas Kecamatan Ciparay Gelar Silaturahmi dan Rakor Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD

Dejurnal.com. Bandung – Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung menggelar kegiatan silaturahmi dan rakor dalam rangka bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas BPD. Kegiatan tersebut berlangsung di Gor Bimaharja Desa Manggungharja Kecamatan Ciparay, Senin (20/5/2024).

Dalam kegiatan tersebut nampak hadir Sekcam Ciparay, Drs Zaenal Mutaqin M,Si,” Ketua Apdesi Kecamatan Ciparay yang juga merupakan Kepala Desa Manggungharja, Deden Toha ST S.Ip,” Kasi Pemerintahan Kecamatan Ciparay, Para ketua BPD beserta anggota dari 14 Desa Se Kecamatan Ciparay, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Manggungharja serta Pendamping Desa.

Seusai kegiatan, Ketua Abpednas Kecamatan Ciparay Dadan Suandana mengatakan, Rapat koordinasi Abpednas Kecamatan Ciparay adalah agenda kegiatan rutin Abpednas Kecamatan Ciparay yang di biasa digelar setiap 2 bulan sekali. Dimana agenda tersebut itu merupakan silaturahmi dan sharing keilmuan untuk meningkatkan kapasitas tentang tupoksi BPD. Yang sekarang dilaksanakan itupun tidak terlepas dari peningkatan kapasitas BPD Kecamatan Ciparay, adapun peningkatan kapasitas BPD se Kecamatan Ciparay mengambil tema “Sistem Perencanaan Pembangunan Desa menuju Desa Mandiri, Jelasnya”

Lebih lanjut, Dadan Suandana,” Mudah-mudahan materi yang telah disampaikan, bermanfaat untuk BPD Se- Kecamatan Ciparay, bahwa yang dibahas dalam kegiatan ini yaitu sekitar alur Program Desa dan siklus Perencanaan Desa. Yang itu tentunya bermanfaat karena kegiatan BPD dari mulai perencanaan, pelaksanaan pengawasan, monitoring dan evaluasi, dibahas tuntas di materi tersebut, Terang,Dadan Suandana”

Ketua Apdesi Kecamatan Ciparay Deden Toha ST S.Ip,” mengucapkan terimakasih kepada ketua Abpednas Kecamatan Ciparay dan para ketua BPD beserta anggota Se Kecamatan Ciparay dengan terselenggaranya kegiatan silaturahmi dan rakor dalam rangka bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas BPD. Ucapnya,”

Lanjut Deden Toha ST.S.Ip,” yang juga merupakan Kepala Desa Manggungharja, dengan adanya kegiatan ini tiada lain adalah mewujudkan sinergitas tiga pilar antara Kepala Desa BPD dan LPMD. Dan untuk membantu dalam hal berkaitan penanganan dengan Pemerintahan Desa yang berkaitan dengan pengawasan anggaran yang masuk ke Desa – Desa yang ada di Kecamatan Ciparay. Mudah mudahan tentunya dengan adanya bimtek ini, Kami sekali lagi lebih bisa meningkatkan kemajuan di Pemerintahan Desa untuk melaksanakan tugas dan kewajiban antara Kepala Desa dengan Ketua BPD dan rekan rekan BPD yang lainnya, dengan Perangkat Desa, LPMD serta semuanya. Jelasnya,”

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Manggungharja Deden Toha ST.S.Ip,” mengutarakan, terkait revisi Undang Undang Desa Nomor 3 Tahun 2024, “Berkat Allah S.WT, alhamdulillah Kami diberikan kesempatan untuk bertambah masa jabatan 2 tahun kedepan. Terimakasih kepada Bapak Presiden RI, terimakasih kepada Ketua DPR RI beserta para Anggota DPR RI yang telah merealisasikan ini. Mudah mudahan kami bisa mempertanggungjawabkan dengan baik,” Ujarnya.

Sementara itu Sekcam Ciparay Drs. Zaenal Mutaqin, M.Si., menyambut baik dengan adanya kegiatan Silaturahmi dan Rakor dalam rangka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas BPD Se Kecamatan Ciparay. “Mudah mudahan Forum komunikasi ini menjadi suatu agenda dari Abpednas Kecamatan Ciparay itu sendiri sebagai bahan evaluasi pengawasan dalam kegiatan kedepan dan menjadi keseragaman kedepan,” ujarnya

Ketua BPD Desa Bumiwangi Abdurohim mengatakan, dalam pelaksanaan silaturahmi dan rakor kapasitas BPD se Kecamatan Ciparay diundang untuk mendalami tugas dan fungsi BPD. Dan juga berharap kegiatan ini bisa terus berharap dan berjenjang untuk mencapai sinergitas antara BPD dengan Desa, di mana sekarang sudah bagus sekali sinergitasnya antara BPD dengan Kepala Desa. Mari kita sama-sama membangun Desa nya masing-masing, BPD masing-masing, untuk mensukeskan segala yang diharapkan oleh Bupati Bandung,” Terangnya.

Hal senada di sampaikan Ketua BPD Desa Manggungharja Budi, dengan adanya bimtek peningkatan kapasitas BPD, harapan kami yaitu ingin menjadi BPD lebih maju lagi, lebih bersinergi dengan Pemerintahan Desa untuk menuju Desa Maju, Desa Mandiri, dan Siap kami berjuang untuk melaksanakan cita-cita kami, pungkasnya.***Agus Rachmat

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI