Minggu, 8 September 2024
BerandaGerbangDesaSukses Mengolah Sampah, Desa Marteng Dianugrahi Desa Inspiratif Bersih

Sukses Mengolah Sampah, Desa Marteng Dianugrahi Desa Inspiratif Bersih

Dejurnal.com, Bandung – Desa Margahayu Tengah (Marteng) Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung mendapat penghargaan dari Bupati Bandung sebagai Desa Inspirstif Bersih pada acara Jambore Lingkungan, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaen Bandung di Gedong Budaya Soreang , 17 Juli 2024 lalu.

Kepala Desa Marteng, Asep Zaenal Mahmud menjelaskan terkait pemerintah desanya menerima penghargaan tersebut. Dari 16 RW yang ada di Desa Marteng, sejumlah 5 RW sampahnya dikelola okeh Pemerintah Kabupaten Bandung, sedangkan sisanya di 11 RW dikelola oleh pemerintah desa, dan mulai tahun ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

” Dengan sarana prasarana yang ada TPS3R, 3 unit truk sampah, yang melayani sekitar 2800 warga. Alhamdulillah warga pun bergotong royong untuk iuran sampah. Dari jumlah 2800 warga menghasilkan sampah sekitar 4 truk perhari. Di Perdes yang baru, warga diharuskan memilah-milah ata memisahkan sampah basah dan kering, ” katanya.

Asep pun membuat jadwal pengangkutan sampah yang teratur. ” Setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu hanya mengangkut sampah basah. Hari Kamis, Sabtu, dan Minggu hanya mengangkut sampah kering.
Diolah di TPS, sampai bahan diproses menjadi sampah organik (pupuk), sampah keringnya dipilah didaur ulang, dan residunya baru dibawa oleh Pemerintah Kabupaten ke TPA. “Perbandingan sampah yang masih bisa diolah dan residunya yang dibuang, 70:30 persen, ” katanya. * Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI