Kamis, 19 September 2024
BerandadeNewsAjak Masyarakat Datang ke TPS, IPJI Gelar Sosialisasi Pilkada 2024

Ajak Masyarakat Datang ke TPS, IPJI Gelar Sosialisasi Pilkada 2024

CIAMIS, – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilkada Ciamis 27 November 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis bersama Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi Pilkada serentak 2024 kepada masyarakat.

Kegiatan itu dilaksanakan di Balai Restorative Justice, Panjalu, Selasa (10/09/2024) dan diikuti sebanyak 50 peserta, termasuk para petani dari Desa Panjalu Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Acara yang bertajuk “Ayo Datang ke TPS Rabu 27 November 2024, Gunakan Hak Pilih Anda”.

Ketua Penyelenggara, Abraham mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kepemiluan, terutama menjelang Pilkada 2024.

“Ini adalah upaya kami agar masyarakat memahami pentingnya menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tanggal 27 November mendatang,” katanya.

Abraham juga berharap adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Desa Panjalu untuk menggunakan hak pilihnya di TPS dalam Pilkada Ciamis tahun 2024.

“Masyarakat harus datang ke TPS untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Ciamis untuk periode 2024-2029. Kita berharap tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dapat lebih meningkat,” harapnya.

Sosialisasi dilaksanakan dengan konsep yang mengusung wisata, hal itu bertujuan untuk menciptakan suasana yang akrab diantara para peserta.

Ketua IPJI Ciamis, Rifa’i mengatakan, dilaksanakannya sosialisasi Pilkada serentak 2024 di Desa Panjalu, karena daerah tersebut memiliki potensi dan Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa.

“Peserta kebanyakan petani, Kami harap materi sosialisasi dapat benar-benar sampai kepada masyarakat, sehingga mereka lebih memahami tentang pentingnya menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin,” ungkapnya.

Rifa berharap melalui sosialisasi tersebut, masyarakat semakin peduli terhadap hajat demokrasi yang akan berlangsung tanggal 27 November 2024 mendatang. Kabupaten Ciamis, yang terdiri dari 258 desa dan 27 kecamatan ini, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada ini dapat mencapai 80% lebih.

“Kami berharap adanya sosialisasi kepada masyarakat dan para petani ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Ciamis pada Pilkada 2024. Terutama datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” harapnya

Pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Komisioner KPU Ciamis, pihak Kecamatan Panjalu, Kepala Desa Panjalu dan para peserta yang sudah berpartisipasi dalam sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Panjalu sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KPU bersama IPJI Kabupaten Ciamis. Menurutnya, adanya sosialisasi Pilkada serentak tersebut dapat memberikan manfaat masyarakat, khususnya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Sosialisasi yang digelar melibatkan berbagai elemen masyarakat,

“Saya berharap Pilkada 2024 nanti akan menjadi momentum peningkatan kesadaran demokrasi di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.(Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI