Selasa, 22 Oktober 2024
BerandadeNewsPemkab Ciamis Kembali Raih Anindita Wistara Data dari BPS-RI

Pemkab Ciamis Kembali Raih Anindita Wistara Data dari BPS-RI

CIAMIS,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali mencatatkan prestasinya di tingkat nasional dengan meraih penghargaan bergengsi dalam bidang statistik yaitu “Anindita Wistara Data” dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS-RI).

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2024 yang mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian didampingi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara dan Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, Tino Armyanto mewakili Pj. Bupati yang tidak bisa hadir di Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran. Kamis (26/09/2024).

Penghargaan “Anindhita Wistara Data” diberikan berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) tahun 2024, yang menempatkan Kabupaten Ciamis dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) sebesar 2,92.

Dengan nilai tersebut, Kabupaten Ciamis berhasil masuk dalam kategori “BAIK”. Prestasi ini menunjukkan komitmen Pemkab Ciamis dalam meningkatkan kualitas penyediaan data dan sistem statistik di wilayahnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, Tino Armyanto mengucapkan rasa syukur atas diraih nya penghargaan Anindhita Wistara Data. Ia pun berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Kabupaten Ciamis berhasil meraih penghargaan di bidang statistik untuk kedua kalinya

“Alhamdulillah ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, sesuai arahan pimpinan untuk terus berbenah demi lancarnya transformasi digital, yang menjadi arah kebijakan nasional dan daerah, kamipun siap melaksanakannya,” katanya.

Menurutnya saat ini data semakin bernilai, untuk itu Ia berharap penghargaan yang diterima Kabupaten Ciamis menjadi stimulus kinerja data sektoral dalam pelayanan publik.

Dijelaskannya, penghargaan Anindhita Wistara Data merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap kabupaten/kota yang berhasil mencapai pencapaian tinggi dalam pengelolaan dan penyediaan data statistik yang handal dan transparan.

“Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang mampu mencapai standar yang ditetapkan melalui evaluasi sistem statistik, seperti melalui EPSS, dan Kabupaten Ciamis menjadi salah satu penerima,” ungkapnya.

Tino berharap dengan diraihnya penghargaan tersebut membuat Kabupaten Ciamis semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu kabupaten yang unggul dalam penerapan sistem statistik modern.

“Dengan sinergitas seluruh perangkat daerah, BPS, institusi dan lembaga pendidikan serta masyarakat kita berkomitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pengelolaan data yang lebih baik lagi, guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan,”pungkasnya.

Diketahui, Anugerah Anindita Wistara Data tahun 2024 dibagi menjadi tiga kelompok yaitu terbaik tingkat Pemerintah provinsi, tingkat pemerintah kabupaten dan terbaik tingkat pemerintahan kota. (Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI