Kamis, 17 Oktober 2024
BerandadeHumanitiBudayaLukisan "Ngabungbang" Pesanan Orang Amerika Karya R Cahyadi Mengenang Zaman Silam...

Lukisan “Ngabungbang” Pesanan Orang Amerika Karya R Cahyadi Mengenang Zaman Silam Menikmati Purnama di Kampung

Dejurnal.com, Bandung – “Ngabungbang” adalah judul lukisan karya R Cahyadi yang dibuat tahun 2020. Akrilik di atas kanvas ukuran 80×130 cm ini, pesanan seorang kolektor lukisan dari Amerika.

“Dipesanan orang Amerika, tapi belum diambil oleh pemesannya, ” aku R Cahyadi, via pesan whatsapp, Rabu (16/10/2024).

Menurut Ketua Komunutas Perupa Gradasi ini Ngabungbang merupakan ekpresi dirinya melalui cat minyak di atas kanvas, mengenang zaman dulu jika malam sedang bulan purnama, di kampung suka berkumpul dengan handai tolan menikmati suasana indahnya sekeliling dengan sinar bulan.

“Saya rendezvous ke zaman dulu. Dulu di kampung kalau bulan sedang purnama tanggal 14-an pasti ngabung, ” katanya.

Walau lukisan tersebut ada pemesannya, namun belum ada ada kepastian kapan dibawa. Lukisan tersebut kata Cahyadi bisa jadi pilihan untuk koleksi pameran tunggalnya yang direncanakan bulan April 2025.

“Insyaalloh bulan April 2025. Mudahan terlaksana. Tempatnya masih dalam pembahasan. Rencananya di Bandung, Jakarta, dan Singapur, ” aku Cahyadi.

Sejak berkiprah di dunia melukis, tak terhitung karya lukis R Cahyadi yang diikutkan dalam pameran lukisan bersama para pelukis lainnya. Namun, jika terlaksana pameran lukisan di bulan April 2025 nanti, ini merupakan pameran tunggal R Cahyadi yang ketiga.

Menurut pemilik Galeri Salaras ini, setidaknya ada 40 lukisan untuk pameran tunggal. Ia mengaku baru ada sekitar 25 karya lukis baru.

” Ada 25 karya terbaru, itupun campur aliran dan tema nya. Ada abstrack, realis, kubisme modern, dan kontemporer, ” ujar R Cahyadi. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI