Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsAnggaran Defisit Bupati Malah Dukung Festival Goyang Karawang

Anggaran Defisit Bupati Malah Dukung Festival Goyang Karawang

Dejurnal.com, Karawang – Dalam suasana prihatin dan defisit anggaran APBD 2019 Bupati Karawang Cellica malah dukung dan pamerkan acara Goyang Karawang (Gokar) yang diinisiasi Kadisparbud Oki Hernawan.

Acara akbar itu kemungkinan bakal menghabiskan uang APBD sekitar Rp 2 miliar lebih serta menganggu pelayan publik selama hari kerja karena acara akan berlangsung dari tanggal 26 hingga 29 september 2019.

Acara Gokar yang katanya bersipat internasional itu banyak ditentang berbagi elemen masyarakat sehingga menimbulkan polemik, namun tetap saja dilaksanakan kendati dalam situasi defisit dan efesiensi serta ngirit anggaran karena pendapatan tidak seimbang dengan belanja termasuk pembiayaan acara Gokar yang di kabarkan menelan anggaran sebesar Rp 2 miliar dari APBD Karawang tahun 2019.

Kabupaten Karawang sejak tahun 1992 jaman Bupati Sumarno Suradi sudah terkenal dimata internasional dengan berdirinya kawasan industri dan kebudayaannya termasuk dengan area wisata yang masih asri serta warganya yang terbilang ramah dan tidak glamor, sehingga tidak sedikit para investor menanamkan modalnya dan berinvestasi di kota yang dijuluki lumbung padi Jawa barat dan kota industri terbesar di Asia.

Karawang sudah kesohor sejak dulu kebudayaannya dijaman topeng ali dan seni jaipongan Suanda goup pernah memanca negara keluar negeri sehingga tidak perlu mengadakan acara yang melibatka PNS yang sedang bekerja sehingga menggangu pelayanan publik dan boroskan anggaran APBD dalam situasi defisit saat ini.

Hajat besar yang mengundang 15 negara dan 7 propinsi dengan ribuan penari yang bergoyang kemungkinan tidak akan mendongkrak masukan APBD yang defisit karena rakyat butuh kesejahteraan bukan pesta pora demi “rekor muri” yang tidak akan bisa di tukar dengan kesejahteraan rakyat Karawang secara luas.

Kita saksikan saja dan cermati apa manfaat acara Gokar yang memboroskan anggaran APBD bisa mendongkrak tidak masukan restribusi disektor pariwisata . Bila hanya sebuah “rekor muri” jangan di ulangi lagi pada tahun mendatang namun bila mendongkrak masukan APBD tahun depan dapat dilanjutkan demi kesejahteraan rakyat Karawang.

Dalam konfrensi persnya Bupati Cellica boleh berbangga dengan mendatangkan 15 negara dan 7 propinsi namun jangan lupa kepada rakyat pelosok desa di Karawang yang masih butuh uluran tangan dan bantuan untuk menuju sejahtera dan ribuan penganggur sedang antri menunggu pekerjaan untuk menyambung hidupnya.

Wakil Bupati Karawang Akhmad Jamaksari ketika di hubungi melalui whatsapp hanya menjawab dengan singkat menanggapi acara festival Gokar.

“Lucu ya kang,” ujatnya singkat.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI