Kamis, 23 Mei 2024
BerandadeNewsAnggota DPR RI Terpilih Ervin Lutfhi Dibatalkan, Pemilih Kecewa dan Percaya...

Anggota DPR RI Terpilih Ervin Lutfhi Dibatalkan, Pemilih Kecewa dan Percaya Gerindra Turun

Dejurnal.com, Garut – Anggota DPR-RI terpilih dari Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2019, Ervin Lutfhi dan para pemilihnya dipastikan merasa sangat kecewa. Pasalnya, Ervin Lutfhi dipastikan tidak akan dilantik sebagai Anggota DPR RI pada 1 Oktober 2019 mendatang karena dibatalkan dan diganti.

Kendati Ervin Lutfhi memperoleh 33.938 suara dan menduduki peringkat ke 3 namun ia harus rela digantikan oleh Mulan Jameela yang raihan suaranya 24.192 dan berada di posisi ke 5.

Pembatalan dan penggantian Ervin Lutfhi berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia bernomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 16 September 2019 tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Surat keputusan KPU tersebut mengacu pada surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra Nomor 023A/BHA-DPPGERINDRA/IX/2019 tanggal 11 September 2019 perihal Penjelasan Kedua Soal Langkah Administrasi Pelaksanaan Putusan PN Jaksel No. 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel dan Keputusan DPP Gerindra No 004A/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 Tentang Pemberhentian Keanggotaan Sebagai Langkah Administrasi Pelaksanaan Putusaan No 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel serta putusan DPP Gerindra No 004B/SKBHA/DPPGERINDRA/IX/2019 untuk Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jabar XI atas nama Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi, SH. yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan sebagai calon terpilih Anggota DPR RI.

Kekecewaan atas keputusan kontroversial tersebut tercermin dari sikap Keluarga Besar Alumni SMANDA Angkatan 95 sebagai bagian dari masyarakat yang telah memilih Ervin Lutfhi sebagai wakil rakyat pada pemilu Legislatif yang lalu.

Diwakili Irwan Hendrasyah SE sebagai salah satu Keluarga Besar Alumni SMANDA Angkatan 95 sekaligus juga Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG) menganggap, keputusan sepihak DPP Gerindra mencoret nama Ervin Lutfhi yang telah benar-benar memenangkan kompetisi Legislatif sangat mencederai demokrasi yang telah dibangun dengan susah payah juga menciderai nilai-nilai budaya hingga dianggap tidak berbudaya, Sabtu (21/09/2019).

“Pencopotan Ervin Lutfi yang berasal dari Garut sebagai anggota DPR-RI itu tentunya telah menyebabkan cideranya hati warga masyarakat kabupaten Garut, ini tidak menutup kemungkinan hilangnya kepercayaan publik pada partai Gerindra.” ungkapnya.

Irwan Hendrasyah menilai bagaimanapun majunya Ervin Lutfhi ke DPR RI itu demi membangun kabupaten Garut yang Berbudaya, oleh karena itu pihaknya mendorong agar ketidakadilan tersebut dapat ditinjau kembali guna menghindari menurunnya kepercayaan publik terhadap partai Gerindra.***Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI