Jumat, 19 April 2024
BerandadeNewsPemdes Karyalaksana Gelar Bimtek Pencegahan Stunting

Pemdes Karyalaksana Gelar Bimtek Pencegahan Stunting

Dejurnal.com – Bandung

Pemerintah Desa Karyalaksana Kecamatan Ibun melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pencegahan stunting sekaligus pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula kantor desa, Sabtu ( 7/12/2019 ).

“Stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibanding tinggi badan seusianya. Stunting terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat anak berusia 2 tahun.” Ujar Kades Karyalaksana Dede Ita.

Masih menurut Dede Ita, bimtek pencegahan stunting dan pemberian makanan tambahan tersebut bersumber anggaran dari Apbn dana desa tahap 3.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pencegahan dan penuntasan permasalahan stunting di wilayahnya, Semoga saja anak anak di Desa Karyalakana terbebas dari permasalahan stunting.” Ungkap Dede.

Sementara itu Ahmad Husaeni Pendamping Desa di Wilayah Kecamatan Ibun mengatakan stunting merupakan permasalahan yang cukup krusial di masyarakat. Dalam pencegahan stunting tersebut yaitu dengan melaksanakan penyuluhan – penyuluhan kepada masyarakat dan pembangunan berbasis sanitasi lingkungan.

Ahmad mengatakan “Salah satu bentuk penanggulangan stunting yaitu dibentuknya Rumah Desa Sehat ( RDS ) yaitu fasilitasi layanan kesehatan dasar sebagai pelaksanaan pembangunan berwawasan kesehatan tingkat desa. “Ada beberapa unsur yang terlibat dalam Rumah Desa Sehat yaitu bidan, puskesmas, kader desa / RW dan para pengajar RA, TK dan Paud. Tambahnya

Diakhir pembicaraan Ahmad Husaeni mengungkapkan , berdasarkan peraturan menteri dalam negeri ( permendes ) nomor 17 tahun 2019 tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Telah dijelaskan bahwa ada 5 paket layanan konvergensi stunting yaitu
kesehatan ibu dan anak (KIA ), Konseling gizi, Perlindungan sosial, Air bersih dan sanitasi, serta Layanan PAUD. ***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI