Minggu, 19 Mei 2024
BerandadePrajaMeski Program Prioritas Disperkimtan Efisiensi Anggaran Akibat Dampak Covid -19

Meski Program Prioritas Disperkimtan Efisiensi Anggaran Akibat Dampak Covid -19

Dejurnal.com, Kab Bandung – Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan  (Disperkimtan) Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi menyebutan, akibat dampak pandemi Covid-19, Disperkimtan mengefisiensi anggaran 51 persen lebih. Anggaran sebelum Covid-19 sebesar Rp 160 miliar, kini hanya sebesar  Rp 79 miliar.

“Karena potensi anggaran baik dari APBN, APBD provinsi maupun APBD Kabupaten  berkurang  akhirnya kegiatan pun dikurangi. Bisa saja kegiatan dilaksanakan namun akan menemui masalah baru saat pembayaran, “ ucapnya  di Soreang belum lama ini.

Di Disperkimtan  jelas Erwin, ad kegiatan yang sipatnya Universal akses dari pusat yang harus tercapai, di antaranya air bersih, sanitasi dan rumah kumuh. Itu kegiatan yang memiliki universal akses dari pusat yang mau tidak mau harus dicapai, namun karena kondisi pandemi Covid -19 yang berdampak terhadap PAD akhirnya kegiatan dikurangi, selain itu baik DAK, DAU, maupun Bangub mengalami kekurangan pula,” terangnya.

Program di Disperkimtan menurut Erwin, merupakan program strategis dan program prioritas, karena perumahan itu adalah program wajib dan pelayanan dasar, jadi seharusnya wajib diutamakan.

”Bila dikaitkan dengan kondisi pandemi atau pasca pandemi, korelasinya masih sangat erat. Terutama dengan program-program Raksa Desa, dimana didalamnya ada Rumah, Air Bersih, dan sanitasi, semua berkaitan dengan Program Pola Hidup Bersih dan Sehat,” ungkap Erwin.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI