Senin, 15 Juli 2024
BerandadeEdukasiGarut Krisis Kepala Sekolah Dasar, Anggaran Buat Peningkatan SDM Minim?

Garut Krisis Kepala Sekolah Dasar, Anggaran Buat Peningkatan SDM Minim?

Dejurnal.com, Garut – Saat ini ratusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Garut tidak memiliki kepala sekolah, kendati hasil seleksi Balon Calon Kepala Sekolah (Cakep) bulan November 2020 telah menjaring 157 calon yang dianggap layak untuk mengikuti Diklatpim, namun jumlah itu masih jauh dari cukup untuk menutupi kurangnya kebutuhan kepala sekolah.

Sumber dejurnal.com menyebutkan bahwa SD Negeri yang tidak memiliki kepala sekolah kurang lebih sekitar 450 Sekolah Dasar.

“Dalam kondisi ini ada kepala sekolah yang merangkap membawahi tiga SD,” ujarnya, Rabu (29/9/2021).

Krisis kekurangan kepala sekolah ini tak bisa dihindari karena untuk menjaring dan mendiklat calon kepala sekolah diperlukan anggaran.

“Untuk diklat 157 kepala sekolah dibutuhkan Rp 9 juta per orang, sementara Pemkab hanya bisa menyediakan anggaran Rp 5 juta per orang,” ungkapnya.

Ia tak menampik, kebijakan anggaran untuk peningkatan SDM sangat kecil, sementara untuk pembangunan infrastruktur besar, padahal peningkatan SDM pun sangat perlu.

“Mencetak kepala sekolah yang berkualitas bisa dapat membangunkan toilet untuk sekolah, namun membangun toilet tak akan bisa menciptakan kepala sekolah,” ujarnya berfilosofis.

Sementara itu salah satu guru di Karangpawitan yang ikut seleksi balon kepala sekolah namun dinyatakan belum layak menyayangkan sikap dinas pendidikan yang tidak menyelenggarakan remedial.

“Buat balon kepsek yang belum layak katanya bakal ada remedial, karena kepala sekolah sedang dibutuhkan, namun kenyataannya tak ada,” ujarnya dengan nada kecewa.

Ia pun menyayangkan dengan adanya putusan hasil seleksi dari LPPKSPS Kemendikbud yang menerbitkan dua surat kontroversi. “Satu sisi perlu kepala sekolah tapi di sisi lain tak pada jelas,” cetusnya.

Terkait langkah yang akan diambil terhadap krisis kepala sekolah dasar, pihak Dinas Pendidikan Kapupaten Garut belum memberikan keterangan secara resmi.***Raesha

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI