Selasa, 18 Juni 2024
BerandadeNewsTembok Penahan Tanah Puskesmas Cempaka Ambruk, Dinkes Garut Lakukan Ini

Tembok Penahan Tanah Puskesmas Cempaka Ambruk, Dinkes Garut Lakukan Ini

Dejurnal.com, Garut – Peristiwa ambruknya tembok penahan tanah (TPT) Puskesmas Cempaka mengagetkan warga sekitar. Pasalnya, TPT tersebut ambruk pada saat malam hari dan bersamaan dengan sedang dibangunnya Puskesmas Cempaka.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Rita Sobariah mengaku sudah melakukan tindakan preventif mengenai ambruknya TPT Puskesmas Cempaka.

“Kita sudah melakukan koordinasi baik dengan pihak pemborong, pengawas, adbang dan dinas PUPR menyikapi hal itu,” terangnya saat ditemui dejurnal.com di kantornya, Kamis (18/11/2021).

Rina menjelaskan, pihaknya sudah membuat perencanaan untuk pembangunan TPT pengganti yang ambruk. “Sedang kami anggarkan dan segera dibangunkan yang lebih kokoh dari semula,” ungkapnya.

Menurut Rina, bangunan puskesmas yang sekarang dikerjakan maju tiga meter dari semula, hal itu untuk memberi ruang resapan air. “Sebenarnya sudah terantipasi, makanya dimundurkan,” ucapnya.

Terkait kekhawatiran adanya efek TPT ambrol terhadap bangunan Puskesmas Cempaka yang baru, Rina menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dikoordinasikan ke pengawas dan juga pemborong. “Ada tindakan preventif, namun lebih jelasnya bisa ke pemborong dan pengawas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tembok pembatas antara Puskesmas Cempaka di Blok 5 RW 14 Perumahan Bumi Cempaka Indah Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut dengan pemukiman penduduk ambruk, Minggu (14/11/2021) malam.

Benteng pembatas setinggi kurang lebih 10 meter itu tiba-tiba ambruk saat turun hujan mengguyur kawasan perumahan tersebut dan sekitarnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Insiden mengejutkan warga tersebut terjadi menjelang tengah malam atau sekitar pukul 23.00 WIB.***Raesha/Adesya

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI