Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasiCari Bibit Unggul di Bidang Seni Budaya, SMK Negeri 1 Garut Gelar...

Cari Bibit Unggul di Bidang Seni Budaya, SMK Negeri 1 Garut Gelar Pekan Seni Adiwarna Budaya

Dejurnal.com, Garut – Dalam mencari bibit unggul peserta di bidang seni budaya, SMK Negeri 1 Garut menggelar pekan seni jeda akhir semester ganjil yang diselenggarakan mulai tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan acara puncak di tanggal 19 Desember 2023.

“Sasarannya semua siswa kelas 10, 11 dan 12 dengan bidang puisi, melukis, pidato, fashion atau modeling, literasi dan terakhir membuat publokasi di platform Tiktok dan vlog,” ujar Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan, Nurdin Rusli, ST, MPd kepada dejurnal.com, Kamis (14/12/2023).

Ke depan, lanjut Nurdin, para bibit unggul hasil 10 mata lomba yang digelar selama lima hari ini, tanggal 13-15 lomba bakal dipersiapkan untuk dapat mengikuti even yang lebih tinggi.

“Di acara puncak nanti yaitu tanggal 18-19 Desember, pemenang akan ditampilkan yang dikemas dalam acara Pentas Seni Adiwarna Budaya SMKN 1 Garut Tahun,” katanya.

Menurut Nurdin, gelar Pekan Seni Adiwarna Budaya ini juga dimeriahkan dengan bazzar untuk makanan lokal dan permainan tradional Kabupaten Garut sebagai Projek Penguatan Pelajar Pengamalan Pancasila (P5).

“Bazzar dan permainan tradisonal ini untuk dapat menggali kembali serta menghargai nilai budaya Garut agar tertanam kepada siswa,” katanya.

Nurdin mengungkapkan, dalam menghargai nilai budaya serta penguatan P5, setiap kelas mengirimkan utusan untuk permainan tradisional. “Di SMKN 1 Garut ada 72 kelas yang tentumya akan ada 72 permainan serta 72 stand bazzar,”
ujarnya.

Direncanakan Pekan Seni Adiwarna Budaya ini akan diselenggaraka tiap tahun, dengan puncaknya pembagian raport dan kemudian libur, diharapkan even ini mampu membentuk karakter dan melatih mental siswa sebelum kemudian terjun ke dunia industri atau usaha. “Dan tentunya bagi siswa yang berprestas di pekan Seni Adiwarna Budaya bakal diapreasiasi dengan pernghargaan serta dilatih untuk dapat berkompetisi di even yang tingkatnya lebih tinggi.” pungkasnya.***Deri Acong

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI