Selasa, 30 April 2024
BerandaGerbangDesaApdesi Garut : Masyarakat Diminta Objektif Menilai Persoalan Desa

Apdesi Garut : Masyarakat Diminta Objektif Menilai Persoalan Desa

Dejurnal.com, Garut – Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Garut, Dede Kusdinar menghimbau setiap elemen masyarakat yang ikut menjadi kontrol sosial untuk objektif menyikapi permasalahan desa, jangan sampai persoalan salah satu desa dianggap persoalan seluruh desa yang ada di Kabupaten Garut.

“Jika persoalan satu desa yaa desa yang bermasalah itu saja, jangan seolah-olah seluruh desa seperti itu,” tandasnya kepada dejurnal.com di Kantor Apdesi Kabupaten Garut, Selasa (2/7/2019).

Lebih lanjut Dede mengatakan, desa di Kabupaten Garut ada 421 desa dengan segala dinamika persoalan yang berbeda-beda dan karakter kepala desa yang juga tidak sama.

“Namun seyogyanya ketika menyikapi salah satu desa yang bermasalah menjadi opini seolah-olah seluruh desa di kabupaten Garut bermasalah,” ujarnya.

Sebagai Ketua Apdesi Kabupaten, lanjut Dede, pihaknya lebih tahu tentang persoalan setiap desa di Kabupaten Garut dan juga paham karakter kepala desanya yang memang berbeda-beda.

“Apalagi menyangkut penyerapan anggaran dana desa dari pemerintah pusat, pada prinsipnya itu banyak manfaatnya untuk masyarakat desa dibanding madaratnya, jika ada penyelewengan itu hanya sebagian kecilnya saja, dan dilakukan oleh oknum,” tegasnya.

Dede berharap, semua pihak untuk objektif menyikapi persoalan desa yang penuh dinamika, jika desa yang maju dan prestatif maka katakan itu maju dan berprestasi.

“Jadi jangan jadi opini satu desa bermasalah dianggap seolah-olah semua desa bermasalah,” pungkasnya.***Rachmanesha/Yohanes

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI