Rabu, 22 Mei 2024
BerandadeNewsRegionalRA Lasminingrat Tokoh Literasi Garut

RA Lasminingrat Tokoh Literasi Garut

Dejurnal.com, GARUT – 10 April 2017, mungkian agak terlupakan, tahun lalu dicanangkan sebagai Hari RA Lasminigrat. Tentu saja, Bagi Masyarakat Garut, perjuangan Raden Ayu Lasminisngrat tidak hanya sebatas pendirian Sakola Istri saja, beliau telah memberikan kontribusi besar bagi sekolah kecil yang didirikan ayahnya dengan cara menerjemahkan buku-buku cerita bahasa Belanda ke dalam bahasa Indonesia, bahasa dengan ahurup Jawa dan Sunda, hingga kemudian terjemahannya meraih sukses besar menyusul sekian kali dicetak ulang. Conotoh kecilnya adalah karya sastranya berjudul : ‘Carita Erman’

Satu tahun kemudian, tepatnya hari Selasa ini (10/4/2018), memperintahi Hari RA Lasmingrat, berlangsung Acara Sarasehan Peringatan Hari RA Lasminingrat. Berlangsung di Gedung RA Lasminingrat, Jalan Jend. A. Yani Garut. Turut hadir Kapolres Garut AKBP Budi Satri Wiguna, Kepala Dinas Pariwisataa dan Kebudayaah Kabupaten Garut, Drs. Budi Gan Gan Gumilar, M.Si. Kepala Dinas Sosial, Dra. Hj. Elka Nurhakimah, Kabag Keagamaan dan Kesra Setda Kabupaten Garut Dra. H. Dahlan, serta Pangarang Buku Asli Garut, Deddy Efendi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisataa dan Kebudayaah Kabupaten Garut, Drs. Budi Gan Gan Gumilar, M.Si mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar RA Lasminingrat yang telah berjuang dengan segenap kemampuan guna mendapatkan literasi terkait RA Lasminingrat. H Budi Gangan berharap di masa yang akan dataang RA Lasminingrat dapat diperjuangkan menjadi Pahlawan Nasional, di samping tokoh literasi asal Garut.

Tahun 2010 perjuangan RA Lasmingrat pernah didorong untuk menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemkab Garut, namun akhirnya gagal, pasalnya, kajian ilmiah mengenai tokoh R.A. Lasminingrat dan sepak terjangnya waktu itu, dinilai belum lengkap, sehingga belum memenuhi kategori nomine pahlawan nasional.

Untuk itu Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, saat berkunjung ke Garut, 10 April 2017, menekankan agar dalam pengusungan RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional, tidak perlu terburu-buru.

Menurutnya data dan bukti harus terus digali secara berkesinambungan hingga mengerucut pada satu kesimpulan yang valid. Ia juga meminta Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk terus menggali data di kearsipan Belanda, Rusia, dan dimana pun data terkait kiprah RA Lasminingrat berada, supaya fakta sejarahnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Ketua Tim pengusung gelar pahlawan RA Lasminingrat, Rani Permata Dicky Chandra berharap dukungan dari semua pihak agar perjuangan RA Lasminingrat dihormati dan dihargai. Ia pun meminta agar jasa-jasanya dikenang dan diperingati.

Pada tahun 2007, Lasminingrat sempat masuk pengajuan dalam daftar pahlawan nasional. Namun, pengajuannya sebagai pahlawan nasional terkendala minimnya data serta syarat lainnya yang diminta oleh pemerintah pusat. Meski belum diakui secara nasional, masyarakat Garut umumnya telah menganggap Lasminingrat sudah menjadi pahlawan intelektual.***Udg

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI