Kamis, 20 Juni 2024
BerandaGerbangDesaBumDesaTingkatkan PADes, Bumdes Cidahu Rencanakan Berlakukan Portal Wisata

Tingkatkan PADes, Bumdes Cidahu Rencanakan Berlakukan Portal Wisata

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Rencananya hari ini Jumat (24/7/2020) Bumdes Cidahu Bangkit Sejahtera akan menggelar acara pembukaan portal dan pos jaga untuk tiket retribusi Desa Cidahu, namun tidak terlaksana dan menjadi acara diskusi antara Bumdes Cidahu bersama para pelaku usaha wisata yang ada di Desa Cidahu.

Direktur Bumdes Cidahu Bangkit Sejahtera Wahyudin Tarji saat dikonfirmasi dejurnal.com membenarkan tidak jadinya acara pembukaan portal dan pos jaga tersebut.

“Untuk sementara dipending dulu,  karena ada beberapa masukan dalam pertemuan sekarang, dan alhamdulillah, pertemuan ini menjadi bahan masukan kepada kita untuk melengkapi Peraturan Desa (perdes) terkait portal ini,” ujarnya.

Menurut Wahyudin, Perdes tentang portal wisata ini sudah ada sebelumnya dan pernah dijalankan, tadinya dasar Bumdes untuk membuka portal tersebut berdasarkan Perdes yang pernah ada, namun karena dari pertemuan ini ada masukan-masukan baru maka kita akan menyempurnakan Perdesnya dulu sebelum diberlakukannya portal wisata.

Direktur Bumdes Cidahu Bangkit Sejahtera Wahyudin Tarji (kanan).

“Untungnya, semua pelaku wisata di Desa Cidahu bisa hadir sehingga hari ini bisa menjadi momen bagus dan bahan diskusi untuk menjadi dasar penyempurnaan Perdes,” tambahnya.

Masih menurut Wahyudin, dirinya dipercaya untuk menjadi Direktur Bumdes dan harus memulai lagi dari nol untuk menggerakan Bumdes dan bisa meningkatkan PADes Cidahu, salah satunya dengan membuka kembali portal wisata.

“Kondisional Bumdes Cidahu benar-benar kembali ke nol, tanpa modal, bahkan cenderung kita sedang pembenahan, oleh karena itu mudah-mudahan dengan portal wisata ini bisa menjadi modal bagi Bumdes Cidahu untuk bisa maju dan mandiri,” ucapnya.

Wahyudin berharap, dengan potensi wisata yang ada di Desa Cidahu, Bumdes Cidahu bisa berperan dan ikut serta dalam meningkatkan potensi wisata yang ada.

Terkait hal itu, salah satu pelaku usaha wisata Desa Cidahu, Julius Fanumbi selaku pengelola Batu Tapak Camping Ground pada dasarnya tidak merasa keberatan dengan adanya portal wisata yang akan diberlakukan oleh pihak pemerintah desa selama itu berdasarkan hasil musyawarah desa.

“Selama ini kita juga berkontribusi kepada pihak desa, namun ketika pemerintahan desa yang baru bentuk kontribusinya berupa portal tidak jadi masalah, jika itu memang hasil kesepakatan bersama,” katanya.

Julius pun sama mengharapkan potensi wisata yang ada di Desa Cidahu bisa dikembangkan dengan baik dan bisa memberdayakan masyarakat.

“Mari kita sama-sama untuk membangun Desa Cidahu menjadi desa wisata yang nyaman dan layak jual untuk para wisatawan,” pungkasnya.***Supardi

 

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI