Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsUnjuk Rasa D'Ragam di Simpang Lima Tuntut Bupati dan Wakil Bupati Garut...

Unjuk Rasa D’Ragam di Simpang Lima Tuntut Bupati dan Wakil Bupati Garut Mundur

Dejurnal.com, Garut – Sekitar seribuan massa yang terdiri dari dua puluh dua ormas dan LSM di Kabupaten Garut dan mengatasnamakan Dekrit Rakyat Garut Menggugat (D’Ragam) melakukan unjuk rasa di bundaran simpang lima, Garut, Kamis (11/11/2021).

Dalam orasinya D’Ragam mengungkapkan bahwa kepemimpinan Rudy Gunawan – Helmi Budiman dalam memimpin Kabupaten Garut dinilai telah gagal, sehingga diminta untuk mundur.

“Aksi kita hari ini akan menyampaikan raport merah Bupati dan wakil bupati kepada DPRD Garut,” teriak salah satu orator Zam Zam Mutaqin.

Dikatakannya, D’Ragam bakal melanjutkan aksi ke Gedung DPRD Garut untuk mendorong para wakil rakyat membentuk pansus untuk menyikapi kinerja Pemerintah Kabupaten Garut yang dianggap telah gagal.

Koordinator Lapangan yang juga Ketua GMBI Distrik Garut, Ganda Permana mengungkapkan ada delapan poin yang akan disampaikan kepada wakil rakyat terkait gagalnya pemerintahan kabupaten Garut yang dipimpin Rudy-Helmi.

“Delapan poin itu, rendahnya IPM, pengelolaan APBD, terjadinya degradasi lingkungan dan budaya, pelayanan publik yang belum maksimal, kurangnya pembinaan pengelolaan keungan desa, pencegahan dan pengendalian bencana, gagalnya pengelolaaan BUMD dan BLUD serta kecurangan pilkada 2018,” terangnya kepada dejurnal.com.

Selain itu, lanjut Ganda, tim advokasi aliansi pun sedang mempersiapkan beberapa kasus dugaan korupsi untuk disampaikan ke KPK atau Mabes Polri. “Kita semua mewakili masyarakat Garut yang termarjinalkan sedang mempersiapkan hal itu,” pungkasnya.

Pantauan dejurnal.com, aksi unjuk rasa D’Ragam di bundaran simpang lima dijaga pihak aparat kepolisian dan TNI, terpantau Kasat Intelkam dan Kabag Ops Polres Garut hadir di lokasi.

“Personil yang diturunkan untuk pengamanan sekitar 500 orang,” ujar Kasat Intelkam, AKP Tito Bintoro.

Rencananya, aksi unjuk rasa dilanjutkan ke Kantor Bupati dan Gedung DPRD Kabupaten Garut, dan saat berita ini dilansir unjuk rasa D’Ragam masih berlangsung.***Raesha/Adesya

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI