Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeNewsWarga Keluhkan Tower TBG Pasirtamiang, Diduga Ada Intimidasi Pihak Desa Teriak di...

Warga Keluhkan Tower TBG Pasirtamiang, Diduga Ada Intimidasi Pihak Desa Teriak di Medsos Minta Tolong Bupati Ciamis

Dejurnal.com, Ciamis – Pendirian tower telekomunikasi TBG (Tower Bersama Grup) dikeluhkan oleh warga sekitar melalui media sosial facebook yang di upload pada grup Kabar Ciamis pada hari kamis tanggal 9 desember 2021 sekitar jam 23:33 oleh akun Jalak Bali.

Pada uploadan tersebut akun jalak bali mengatakan “assalammualaikum, ukeun bantosan na bapa ibu bupati ciamis, di kampung abi desa pasir tamiang kecamatan cihaurbeuti aya pembangunan tower telkomsel setinggi 62 meter, teu aya ijin warga tapi tetap di bangun, pihak desa malah memaksa nandatangan supaya di ijinnan ku warga nu terdampak radiasi,tulungan bapa,” dikutip dejurnal.com pemilik akun jalak bali dalam bahasa Sunda.

Apabila diterjemahkan, assalammualaikum, minta bantuannya kepada bapa ibu bupati ciamis, di kampung saya Desa pasir tamiang kecamatan cihaurbeuti ada pembangunan tower telkomsel setinggi 62 meter, belum ada ijin warga tetapi tetap di bangun. Pihak desa memaksa untuk menandatangani agar di ijinin warga yang terdampak radiasi, tolong bapa”

Dalam hal ini pendirian tower atau menara tersebut di duga ada pemaksaan kehendak atau intimidasi yang di lakukan oleh pihak desa.

Fira selaku stap di PUPRP bidang Cipta Karya Tataruang, bahwa pihaknya belum melakukan survey kelapangan untuk pengecekan kesesuaian ruang ( KRK ) karena suratnya masih di disposisi di kepala dinas.

“Proses ijin itu mereka sudah satu berkas di serahkan kepada DPMPTSP lanjut di serah kan kepada kita untuk mengecek kesesuaian ruang atau KRK, nah dalam satu berkas itu sudah termasuk ijin tetangga dan lain lain, ” jelas Fira saat di konfirmasi, Rabu (15/12/2021).

Karena ini masih di disposisi, lanjutny, pihaknya belum bisa ke sana . “kalo di sana sudah ada pembangunan harus suruh berhenti sampai surat ijinya selesai dalam hal ini tugas satpol PP, ucap fira.

Kita hanya mencengek kesesuaian ruang apakah disana di butuhkan menara atau tidak, dilihat dari jumlah penduduk dan di butuhkan sinyal atau tidak.

Fira juga menambahkan Untuk sekarang provider tidak boleh memiliki menara, jadi mereka para provider harus menyewa kepada Tower bersama TBG.***Jef

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI