Senin, 17 Juni 2024
BerandadeHumanitiKalamHari Ayah Dimata Kabid SD Disdik Kabupaten Garut : Hari Pahlawan Keluarga

Hari Ayah Dimata Kabid SD Disdik Kabupaten Garut : Hari Pahlawan Keluarga

Dejurnal.com, Garut – Setiap tanggal 12 November diperingati dengan Hari Ayah. Momen hari ayah ini bagi Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Suryana SPd, MPd merupakan momen yang sangat istimewa terutama bagi keluarga.

“Ayah, dengan sosoknya yang tangguh, ayah identik dengan urusan di luar rumah tangga. dikenal sebatas pencari nafkah, maupun membantu membetulkan perkakas rusak. Padahal layaknya ibu, peran ayah dalam keluarga juga penting dan tidak kalah beragam, khususnya dalam tumbuh kembang remaja,” ujar Suryana yang akrab Di panggil Kak Isur, saat berbincang dengan dejurnal.com, Sabtu (11/11/2023).

Menuritnya, Hari Ayah adalah hari yang sangat istimewa karena didedikasikan khusus untuk semua ayah atas cinta, perlindungan, dan kehebatan mereka untuk keluarga mereka. “Ayah adalah seorang pahlawan keluarga,” katanya.

Kak Isur mengatakan, ayah adalah pilar pendukung dan pelindung yang membuat keluarga tetap berdiri. Kasih sayang dan perhatian seorang ayah seringkali diabaikan dan tidak disadari oleh anak-anaknya.

Namun, di dalam penampilan luar mereka yang keras, ada hati yang lembut yang meneriakkan kasih sayang yang hangat untuk anak-anak mereka.

“Seorang ayah yang baik adalah orang yang membantu membentuk kehidupan anak-anaknya dan membimbing mereka menjalani kehidupan,” ujarnya.

Maka itu di momen hari ayah yang jatuh setiap tanggal 12 November, Ia mengajak seluruh warga kabupaten Garut manfaatkan momen ini untuk menunjukkan rasa cinta dan rasa terima kasih kita kepada sosok ayah.

“Mari kita manfaatkan momen ini untuk menunjukkan rasa cinta dan rasa terima kasih kita kepada ayah kita,

Tanggung jawab ayah di dalam keluarga sangat berat sehingga menjadikannya sebagai sosok yang harus dihormati. selain berkewajiban untuk mencari nafkah, ayah juga masih memiliki banyak tanggung jawab bagi kebahagiaan dan masa depan anak.

Kak Isur menjelaskan, peran ayah dalam pengasuhan anak sangatlah penting, karena ayah merupakan kepala keluarga.

Sebagai kepala keluarga, peran ayah adalah ibarat nahkoda yang memimpin seluruh anggota keluarganya. ayah berperan untuk memimpin arah untuk ibu dan anak- anaknya.

“Ayah pun diharap dapat menjadi teladan atau role model anaknya, agar anak dapat meniru tindakan tersebut,” katanya.

Anak akan mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh ayahnya, perbuatan baik terbiasa di kerjakan oleh ayah akan besar kemungkinan akan di ikuti oleh anak, kasus besar di temui di lingkungan ada ayah tapi serasa tak berayah dirasakan oleh sang anak, ayah hebat salah satu diantaranya adalah seorang ayah harus mampu memahami apa yang di butuhkan oleh anak-anaknya.

“Ketulusan serta jujurnya ayah kepada anak dan istrinya sangat penting untuk menjadi seorang ayah hebat dalam keluarga,” pungkas Kabid SD, Suryana.***Fatih

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI