Senin, 15 Juli 2024
BerandadeHumanitiOpiniKitaPentingnya Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Generasi Berkualitas

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Mempersiapkan Generasi Berkualitas

Oleh : Ir. Wawan Kurnia *)

Masa remaja merupakan masa yang sangat penting dalam tahapan perkembangan manusia. Masa remaja disebut juga sebagai masa pubertas dimana akan terjadi perubahan-perubahan hormonal pada tubuhnya.

Perubahan ini akan diikuti dengan perubahan-perubahan lain pada fisiknya. Seiring dengan perubahan-perubahan tersebut, memasuki masa remaja akan terjadi pula pada perubahan pada interaksi sosial, perubahan kemampuan kognitif, perubahan kualitas emosi, serta perubahan pada tatanan moral sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sekitar.

Interaksi sosial remaja harus mendapatkan perhatian yang cukup serius, karena interaksi sosial akan memunculkan prilaku-prilaku baik prilaku positif maupun negatif atau yang sering kita kenal dengan prilaku moral.

Perkembangan moral pada remaja harus dipandu dengan norma-norma agama, karena norma agama akan selalu mengarahkan manusia kepada nilai-nilai kebenaran yang hakiki yang bersumber dari Sang Pencipta manusia itu sendiri.

Banyak pihak yang bisa berperan dalam pembentukan moral remaja. Yang pertama tentu keluarga. Dalam hal ini peran keluarga sangat besar terhadap setiap tahapan perkembangan remaja, termasuk perkembangan moralnya.
Orang tua harus bisa menjadi teladan dan inspirasi serta menjadi guru dan motivator dalam setiap tahapan perkembangan tersebut.

Selain keluarga, lingkungan pergaulan di luar rumah juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Lingkungan pergaulan akan menularkan setiap prilaku kepada orang di sekitarnya. Lingkungan yang baik akan menularkan prilaku yang baik, begitu pula sebaliknya.

Saat ini masyarakat sering dikejutkan dengan beberapa kejadian tindak kejahatan diberbagai daerah baik di kota maupun di pedesaan.

Tidak dipungkiri tindakan kriminalitas yang terjadi di beberapa daerah dilakukan anak remaja, dan tidak tanggung-tanggung tindakan krimimal yangbdilakukan remaja saat ini sudah sangat memprihatinkan, bahkan sebagiannya dilakukan secara terencana dan berkelompok.

Melihat fenomena tersebut, tentu kita tidak boleh tinggal diam. Banyak pihak yang harus dilihatkan dalam menangani masalah ini. Dimulai dari keluarga, peran orang tua sangat besar dalam permasalahan ini. Anak-anak yang bermasalah pada umumnya mereka tidak mendapatkan perhatian yang baik dari orang tuanya. Orang tua tentu harus banyak belajar tentang pendidikan anak di masa kini. Pendidikan orang tua terhadap anak harus mengedepankan nilai-nilai kasih sayang dan empati, karena anak-anak masa kini berada pada situasi lingkungan yang sangat berat.

Selain orang tua, pihak sekolah dan lembaga-lembaga lain yang berkompeten dalam hal ini juga harus lebih dioptimalkan perannya. Sehingga anak-anak kita selalu mendapatkan bimbingan yang memadai dalam mempersiapkan kehidupannya di masa yang akan datang dengan baik.

Tak lupa hal yang tidak kalah pentingnya adalah faktor doa dari orang tua dan berbagai pihak, agar generasi-generasi penerus bangsa ini bisa menjadi generasi yang dapat diandalkan untuk memajukan bangsa ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Secara khusus di momen hari ayah tanggal 12 Nopember 2023, saya mengajak kepada para ayah untuk lebih dekat dengan anak tidak hanya secara fisik saja, tapi dekat dengan anak harus dengan hati dan perasaan. Sehingga anak-anak kita akan lebih dekat dengan orang tuanya.

SELAMAT HARI AYAH
Mari Kita Cintai Ayah
Mari Kita Menjadi Ayah Teladan

*) Penulis  Ketua Forum Ayah DPW PKS Jawa Barat (Caleg PKS Kabupaten Garut, Dapil 1)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI