Senin, 20 Mei 2024
BerandadeNewsMakna Upacara Kemerdekaan Di Mata Tiga Anggota DPRD Garut

Makna Upacara Kemerdekaan Di Mata Tiga Anggota DPRD Garut

Dejurnal.com, Garut – Memaknai HUT RI ada berbagai pandangan, selain memperingati juga sebagai momentum jalinan kasih untuk mempererat tali persatuan dan kesatuan bahwa kita sama sama warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

17 Agustus adalah hari yang sakral bagi penduduk Indonesia karena merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Kemeriahan HUT RI ke 74 sudah terasa di beberapa daerah. Mulai pemasangan bendera Merah-Putih hingga ragam perlombaan seru yang selalu diadakan dalam kegiatan Agustusan.

Setiap tahun pemerintah RI merilis logo resmi dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Tahun ini, perilisan logo memiliki desain angka ’74’ dengan padu padan warna merah dan putih, yang telah menjadi warna khas bendera Indonesia.

Slogan resmi ‘Menuju Indonesia Unggul’, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa prioritas utama Indonesia ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia, sehingga terciptalah slogan yang mengusung tema ‘Menuju Indonesia Unggul’. Penempatan slogan ini terletak pada logo HUT RI ke 74, di bawah angka 74, diselipkan slogan resmi HUT RI.

Sementara menurut Dila Nurul Fadilah, SE., Partai Persatuan Pembangunan ditemui selepas menghadiri Upacara Detik – Detik Proklamasi di Pendopo, memaknai HUT RI ke 74 Menuju Indonesia Unggul, artinya kita sebagaimana harapan bangsa bahwa sebagai generasi harapan bangsa harus mampu dan siap dalam arti memilik kemampuan tentunya didorong dan memiliki SDM yang kuat dan unggul di segala bidang, hal itu maka perlu adanya lapangan kerja yang luas terbuka untuk kesejahteranan masyarakat kita, jika terpenuhi lapangan kerja maka selain akan mengurangi jumlah pengganguran otmatis akan meningkatkan nilai perekonomian masyarakat.

“Sehingga mau tidak mau Pemda sendiri harus bersinergis selain menciptakan lapangan kerja maka percepatan dan pemerataan pembangunan harus diciptakan disegala bidang sehingga Kab. Garut Menuju Indonesia Unggul,” Ungkap Dila.

Sementara Rd Yayuk Tien Rahayu Anggota DPRD Partai Gerindra, jujur saya tadi setelah mengahadiri acara, saya langsung ke Lapas Garut, kenapa demikian saya sebagai wakil rakyat ingin berbagai dengan saudara kita di sana, intinya semua warga negara sama memiliki kedudukan hukum yang sama, dan mereka harus merasakan makna HUT RI Ke 74 Menuju Indonesia Unggul, walau mereka dalam kondisi tapi coba lihat hasil karya mereka, ini luar biasa, intinya walau mereka dalam keterbatasan sebagai warga binaan Lapas Garut mereka mampu berkarya.

“Di harap selepas nanti mereka dapat meningkatkan tarap hidup mereka, tentu peran andil kita sebagai warga negara dan Anggota DPRD Kab. Garut harus lebih peduli terhadap warga masyarakat sehingga tercapai Garut Menuju Indonesia Unggul,” jelasnya.

Sementara menurut Nita Mustika Utami Anggota DPRD Kab. Garut Partai Golkar ditemui selepas jamuan di Pendopo Garut, sebagai Generasi Penerus Bangsa dalam hal memaknai HUT RI Ke 74 khususnya saya sebagai wakil masyarakat Garut Selatan, saat ini kita terus bagaimana mengoptimalakan dan mensejajarkan peran penting kaum hawa di dalam mengisi pembangunan.

“Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat selatan yang telah mendukung dan memilih saya dalam memperjuangkan hak- hak warga masyarakat dalam kancah politik sehingga terciptannya pembagunan yang merata di segala bidang percepatan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, mengangkat trans gender dan peran aktif memsukseskan pembagunan di wilayah selatan, peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak, peningkatan pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa sehingga selaras Menuju Indonesia Unggul, saya mengajak seluruh komponen untuk saling bahu membahu bersama sama menciptakan Garut Menuju Indonesia Unggul, Merdeka Dirgahayu HUT RI Ke 74, Merdeka,” Pungkasnya.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI