Rabu, 22 Mei 2024
BerandadePrajaParlementariaSesalkan Peristiwa KTP Ryan Jatuh ke Tangan Orang Lain, DPRD Cianjur Bakal...

Sesalkan Peristiwa KTP Ryan Jatuh ke Tangan Orang Lain, DPRD Cianjur Bakal Panggil Kepala Disdukcapil

Dejurnal.com, Cianjur – Ryan (33) sampai saat ini kebingungan dan dirundung sedih ketika KTPnya jatuh ke tangan orang, sementara Disdukcapil Cianjur tak ada bertanggungjawab ketika Ryan mempertanyakannya.

Seakan KTP jatuh pada orang yang berhak bukan sesuatu yang fatal, padahal tanpa sepengetahuan Ryan KTPnya itu sudah dipakai membuat rekening bjb oleh orang yang mengambil KTPnya di Disdukcapil.

Peristiwa yang menimpa Ryan, sontak mendapat reaksi dari legislator Kabupaten Cianjur yang menyesalkan tindakan tak terpuji jika sampai Kepala Disdukcapil Munajat tidak bertanggungjawab atas peristiwa tersebut.

Loket Disdukcapil Cianjur tempat pengambilan KTP.

“Saya sudah telpon Kadisdukcapil tapi tidak direspon. Saya tegaskan agar pimpinan bertanggungjawab karena ini membuktikan lemahnya pengawasan terhadap bawahannya. Indikasinya kejadian ini membuktikan adanya kelalaian para pegawainya karena terbukti KTP Ryan jatuh ke tangan yang tidak benar,” ujar Ketua Komisi I DPRD Cianjur, Isnaeni yang ditemui dejurnal.com di ruang kerjanya.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan agar Disdukcapil Cianjur menjelaskan persoalan ini kepada publik. Jangan sampai merasa tidak bersalah karena tercetaknya KTP Ryan itu berproses lalu tercetak dan diterima bukan orang yang sebenarnya bermuara kepada Disdukcapil. Tidak ada pihak lain yang harus dipersalahkan lagi.

“Kalau mau diusut serius itukan tinggal dilihat ada CCTV, tanda terima dan siapa yang memberikan KTPnya. Lagian itukan harusnya dilihat dulu kalau orangnya beda apa pakai surat kuasa atau tidak, inikan dokumen penting jangan sampai jatuh ke orang lain yang berpotensi disalahgunakan,” bebernya.

Pihaknya berencana untuk memanggil Kadisdukcapil terkait hal ini agar tidak terulang lagi kejadian serupa. Menurutnya KTP itu sangat penting bagi seseorang tapi juga bisa membahayakan jika berada di tangan orang yang bisa melakukan perbuatan jahat.

“Terhadap bawahan yang lalai harus diberikan sanksi tegas tapi selaku pimpinan juga harus bertanggungjawab apalagi menyangkut pelayanan publik tentu harus baik. Kita akan memanggil Kadisdukcapilnya karena informasi dari publik ini cukup penting sebagai evaluasi buat instansi tersebut, ” tandasnya.

Terpisah, Ryan menjelaskan agar Disdukcapil memberitahunya siapa yang mengambil kartu identitas milik dirinya. Sekaligus juga menjelas maksud dan tujuan pelaku karena dirinya merasa terganggu dengan kejadian ini.

“Saya yakin sekali KTP milik saya itu disalahgunakan pelaku dan saya harap dinas bisa mempertemukannya. Saya pusing menghadapi hal ini apalagi jika pihak Disdukcapil seperti santai-santai menghadapi kejadian ini, aneh sekali,” tukasnya.***(Rik/Ark)

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI