Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeHumanitiPemberian Bunga Pada Perayaan Natal, Kemenag Garut : Bukti Cinta Kasih Bagi...

Pemberian Bunga Pada Perayaan Natal, Kemenag Garut : Bukti Cinta Kasih Bagi Umat

Dejurnal.com, Garut – Bukti Cinta Kasih, disampaikan dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 – 2022 oleh Kementrian Agama (Kemenag RI) kepada masyarakat agar selalu tetap patuh menjalankan protokol kesehatan (Prokes Covid-19) dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru 2021-2022).

Hal tersebur disampaikan oleh Kepala Kemenag RI Kabupaten Garut, Cece Hidayat sebagai bukti Cinta Kasih saling menghormati dan menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Garut, dalam berkunjung ke beberapa Gereja di Kabupaten Garut. Jumat (24/12/2021).

“Saya memberi bunga sebagai bukti Cinta Kasih dan Persaudaraan Kepada Umat Kristiani yang Merayakan Natal Bersama 2021, bahkan tadi dihadapan umat, agar senantiasa tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, karena Nataru tahun ini masih dalam Pandemi Covid -19, yah tadi saya lihat umat tetap menjalankan ibadah dengan tenang dan hikmat walau saat ini masih dalam kondisi perihatin karena kondisi dan suasana Pandemi Covid -19 belum berakhir,” Jelasnya.

Kepala Kemenag dalam mengantisipasi persebaran virus corona (Covid-19), menindaklanjuti terkait Surat Edaran Menteri Agama Nomor: SE 33 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 dalam Pelaksanaan Ibadah dan Peringatan Hari Raya Natal Tahun 2021.

“Ya tadi saya pantau langsung kegiatan di beberapa Gereja dan mereka tahu dan faham sehingga begitu ketat Prokes, baik pengecekan suhu tubuh kepada semua pihak yang datang ke Gereja, bahkan diwajibkan pakai masker, dan jarak duduk diatur secara berjarak dan tertib, begitupun jumlah umat dibatasi, ini adalah sebagai ikhtiar bersama agar kita semua senantiasa sehat dan selamat di tengah pandemi yang belum selesai ini,” Tegasnya.

Lanjut Cece, pihaknya selaku Kemenag meminta kepada masyarakat di Kabupaten Garut, agar mengedepankan sikap untuk saling menghormati dan menjaga kerukunan umat beragama.

“Saya berharap dan meminta kepada semua pihak untuk saling menjaga dan menghormati kerukunan umat beragama, khususnya dalam Natal yang senantiasa merayakan Natal, sebagaimana umat kristiani selalu menghormati dan menjaga kerukunan bagi yang tidak merayakan Natal dalam kata lain saling toleransi umat beragam, bukan kah itu indah tanpa ada yang merasa terhinakan,” Tandasnya.

Cece Hidayat meminta kepada semua pihak agar senatiasa saling menghormati dan menghargai dan memahami makna perbedaan cinta dan kasih sayang sesama umat, dan senantias menjaga kedamaian, dan dalam kesempatan ini pula saya mengajak kepada seluruh tokoh agama di Kabupaten Garut, agar senantias membingbing Umatnya agar saling menjujung tinggi nilai keagamaan dan kebangsaan sebagai bentuk perekat dan pemersatu bangsa dalam Bhineka Tunggal Ika, sebagai rangkaian karangan bunga yang saya berikan kepada umat Kristiani.

“Slamat Natal dan Tahun Baru 2021 – 2022 Cinta Kasih dalam Ikatan Persaudaraan Kerukunan Umat Beragama, Jaga Kesehatan selalu jangan lupa tetap patuhi Prokes Covid -19,” Pungkasnya.***Yohanes Sitorus

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI