Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeNewsAntisipasi Lonjakan Wisatawan Disaat Libur Idul Fitri, Ini Kesiapan KPH Bandung Utara

Antisipasi Lonjakan Wisatawan Disaat Libur Idul Fitri, Ini Kesiapan KPH Bandung Utara

Dejurnal.com, Bandung – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bandung Utara sudah mempersiapkan jelang libur nasional Idul Fitri, terutama untuk mengantisipasi kunjungan para wisatawan.

Hal itu disampaikan Kepala Sub Seksi Hukum Kepatuhan dan Komunikasi Perusahaan KPH Bandung Utara, Endan Cahyadi kepada DeJurnal.com di ruang kerjanya, Senin (25/04/2022).

Papar Endan, kesiapan Perhutani Bandung Utara menjelang Libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H. sudah menyiapkan dari mulai surat tingkat Direksi tingkat Dispre juga KPH dan ditindak lanjut dengan rapat kerja kesiap siagaan terhadap lonjakan pengunjung di lokasi wisata.

“Alhamdulillah teman teman di beberapa lokasi wisata khususnya Bandung Utara dari mulai Batu Kuda ujung timur, ujung baratnya Langlang Panyawangan sama Bukit Unyung termasuk tengahnya wilayah Cikole lembang dan sekitarnya, cisalak sudah disiapkan teman teman kesiap siagaannya untuk melakukan koordinasi tingkat MUSPIKA dengan BPBD juga melakukan kesiapan dengan LMDH, Alhmdulillah LMDH dan rekan rekan yang lainnya sudah melakukan beberapa kegiatan diantaranya pemasangan plang himbauan ataupun larangan dan juga beberapa fasilitas perbaikan perbaikan kesiapan terhadap wisata libur Idul Fitri,” urainya.

Lanjut Endan, disamping petugas kita juga melibatkan beberapa anggota Sakawana Bakti di beberapa lokasi, baik sakawana bakti terhadap wisata ada juga terhadap bencana artinya sakawana bakti sagana.

“Untuk lokasi lokasi kita petakan daerah rawan ada yang di daerah curug pelangi dan ada yang daerah ke arah cikole mungkin ada beberapa jalur jalan raya walaupun itu masuk zona umum tapi kita juga ada kesiapan untuk membantu terhadap lokasi lokasi rawan bencana longsor,” katanya.

Menurut Endan, kesiapan ini kita persurat dari tingkat Jakarta tingkat Dipre maupun KPH sudah seminggu yang lalu kita lakukan surat kesiapan teman teman dilapangan dan akan di rapatkan hari Selasa (26/04/2022) melibatkan petugas petugas di lapangan untuk kesiapan antisipasi lonjakan lonjakan pengunjung dilokasi wisata.

“Kita dilokasi wisata pemberlakuan tarip khusus Lebaran mulai dari tanggal 30 April sampai dengan 16 mei 2022. Kesiapan itu teman teman juga ada pemberlakuan di kantor ada tiket membantu teman teman dilapangan,” tambahnya.

Tambah Endan, kita dibekali untuk teman teman dilapangan selain prokes yang sudah diterapkan dilapangan apfod termasuk scan dan fasilitas lainnya masker juga sudah kita disiapkan, cuci tangan termasuk juga sanitizer disemua objek wisata sesuai anjuran dan himbauan dari pemerintah kita lakukan seperti itu.

“Saya himbaukan kepada pengunjung wisata baik dalam kota, luar kota maupun mancanegara untuk selalu berhati karena kita wisata alam yang memang tidak bisa kita prediksi apalagi cuaca masih turun hujan, kita saling mengingatkan dengan kondisi cuaca yang ekstrim, dilapangan selalu memberikan himbauan himbauan terhadap pengunjung dilakukan disemua objek wisata , himbauan itu kita lakukan melalui spiker dan ketika pintu masuk membayar tiket kita selalu menyampaikan himbauan himbauan tersebut,” pungkasnya. ***Deri Acong

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI