Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeHumanitiOpiniKitaOknum Wartawan Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Wakil Ketua Aliansi Media Massa...

Oknum Wartawan Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Wakil Ketua Aliansi Media Massa Nasional Indonesia Kabupaten Garut

Dejurnal.com, Garut – Wakil Ketua Aliansi Media Massa Nasional Indonesia (AMMNI) Kabupaten Garut, Y. Sitorus menyesalkan di Hari Pahlawan 10 November dinodai dengaan adanya laporan salah satu kepala desa yang juga Ketua Apdesi Karangpawitan Garut, atas dugaan upaya pemerasan dan pencemaran nama baik yang dilakukan oknum wartawan.

“Miris rasanya, aku dibuat tidak berdaya, aku minta kepada semua rekan-rekan untuk bersabar atas ujian ini,” ujarnya kepada dejurnal.com saat ditemui di sebuah cafe, Garut, Jumat (11/11/2022).

Y. Sitorus berharap semua para pemilik perusahan media untuk bisa menekankan kepada para jurnalisnya agar tetap melakukan kegiatan jurnalistik secara profesional sesuai Undang Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kita pun sangat tidak sepakat jika ada oknum wartawan yang melakukan tindakan tidak terpuji melanggar KEJ bahkan berupaya memeras kepada sumber berita, sehingga perilaku itu oleh Ketua Apdesi Karangpawitan disebut wartawan gadungan,” tuturnya.

Kendati demikian, Y. Sitorus menandaskan bahwa hal ini menjadi pelajaran berharga bagi rekan-rekan yang berprofesi sebagai wartawan untuk tetap menjungjung tinggi profesionalisme jurnalis.

“Di sisi lain, kita pun harus menghargai upaya hukum yang dilakukan oleh kepala desa yang melaporkan ke polisi dan kita berharap keadilan harus berjalan, hukum harus tegak dan tidak pandang bulu,” harapnya.

Di sisi lain Wakil Ketua AMMNI Garut pun berpendapat, agar semua instansi pemerintah termasuk desa, jika akan membangun kerjasama di bidang advetorial ataupun liputan agar langsung dengan perusahaan medianya agar bisa diketahui secara jelas legalitas perusahaannya.

“Ini juga yang menjadi sorotan kita, agar para jurnalis juga tidak terjebak dengan upaya gratifikasi ketika melaksanakan tugas jurnalistik,” pungkas Y. Sitorus.***Raesha

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI